Bahaya Wasir Ketika Melahirkan Anak

SHARE
Bahaya Wasir Ketika Melahirkan Anak

Jika masih bertanya-tanya apa itu wasir? Wasir adalah suatu penyakit yang menyebabkan anus seseorang terasa sakit saat hendak buang air besar.

Seseorang yang terkena wasir biasanya ada benjolan di sekitar anus. Benjolan itu disebabkan adanya pembengkakan yang terjadi akibat sembelit dan fases yang mengeras. Wasir timbul akibat seseorang selalu mengejan kuat saat buang air besar. Penyakit ini juga bisa disebabkan faktor kegemukan atau obesitas.

Tak hanya itu saja, wasir bisa disebabkan akibat hubungan seksual melalui lubang anus sehingga anus menjadi infeksi dan luka. Luka inilah yang memicu benjolan pada sekitar anus. Dari semua faktor pemicu wasir. Ada bahaya yang harus ditanggung penderita wasir berjenis kelamin perempuan karena wasir dapat mengganggu proses melahirkan. Mengapa demikian?

Saat proses melahirkan secara normal, seorang ibu hamil harus mengejen agar membantu bayi keluar dengan mudah. Saat mengejan itulah wasir akan terasa sakit sekali hingga akhirnya mengganggu proses melahirkan. Wasir menjadi semakin parah dan bahkan bisa berdarah. Oleh  sebab itu, jika seorang ibu hamil mempunyai penyakit ini maka solusi yang akan diberikan dokter kandungan adalah dengan melakukan proses melahirkan secara cesar.

Persalinan dengan cesar membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan melahirkan anak secara normal. Cesar  juga membutuhkan waktu yang lama penyembuhannya dibandingkan dengan melahirkan secara normal.

Bahaya Wasir Ketika Melahirkan Anak

Penyakit wasir dibagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan besar dan kecilnya benjolan yang ada dianus. Jika benjolan sudah parah dan tambah membengkak, tidak ada cara lain selain melakukan operasi untuk memotong benjolan tersebut. Tetapi jika wasir masih dapat disembuhkan, anda dapat melakukan gaya hidup sehat untuk bisa menghilangkan benjolan tersebut .

Cara mengobati penyakit wasir gaya gaya hidup sehat

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Serat akan membantu melancarkan buang air besar sehingga anda tidak perlu mengejan dengan kuat.

2. Minum air putih minimal 1 liter dalam sehari agar fases tidak keras.

Baca Juga: Trend Lahir Di Dalam Air, Amankah?

3. Olahraga minimal 1 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga tubuh akan cepat membantu proses pembuangan.

4. Jangan Menunda saat ingin buang air besar maupun buang air kecil. Jika anda menundanya maka akan memicu terjadinya luka pada bagian alat vital.

NO COMMENTS