Trend Lahir Di Dalam Air (Water brith), Amankah?

SHARE
Trend Lahir Di Dalam Air (Water brith), Amankah

Bukan hanya teknologi yang selalu menunjukkan perkembangannya. Namun dunia kedokteran atau dunia sains juga selalu mengupdate ilmu-ilmunya dengan cara melakukan observasi dan berbagai macam penelitian.

Pekembangan itu membuahkan hasil dimana terciptanya metode baru melahirkan di dalam air atau bahasa inggrisnya Water Birth.

Water Brith pertama kali di terapkan tahun 1970 di negara-negara Eropa seperti Rusia dan Prancis. Proses lahir dengan Water Brith  memudahkan bayi keluar dari rahim dan metode melahirkan ini juga tidak akan menimbulkan rasa sakit pada Ibu yang melahirkan. Karena keuntungan itu, banyak yang memakai metode ini untuk melahirkan sehingga Water Brith menjadi populer di seluruh negara termasuk Indonesia.

Namun kepopuleran melahirkan di dalam air menjadi polemik besar di berbagai kalangan karena ada resiko besar yang harus ditanggung.  Salah  satu resiko terbesar Water Brith yakni bayi akan merasa kesulitan bernafas saat berada di dalam air. Namun dari resiko besar itu tergantung kondisi bayi di dalam rahim.Water Brith juga ada banyak manfaatnya.

Manfaat Melahirkan Di Dalam Air Atau Water Brith

Trend Lahir Di Dalam Air (Water brith), Amankah

1. Untuk Ibu

Menjadi Rileks

Ibu yang akan melahirkan umumnya akan merasa tegang menantikan buah hatinya keluar karena akan merasakan sakit yang luar biasa. Dengan Water Brith, Ibu akan menjadi rileks karena saat didalam air otot-otot seperti otot pinggang, kaki, dan otot yang berkaitan erat dengan persalinan akan rileks sehingga saat melahirkan akan menjadi mudah karena otot menjadi elastis.

Rasa Sakit Saat Melahirkan Berkurang

Saat melahirkan secara normal, para Ibu diharuskan untuk ngeden atau mengejan. Hal itu akan menimbulkan rasa perih dan nyeri. Namun jika menggunakan metode Water Brith, rasa sakit itu akan berkurang. Air akan mempercepat proses pembukaan di dalam rahim atau yang disebut jalan keluar bayi.

2. Untuk Bayi

Baca Juga: Cara Ampuh Menurunkan Anak Demam Melalui Nutrisi Jus Buah

Mengurangi Resiko Cedera pada bagian kepala bayi

Suhu tubuh bayi akan cepat karena air akan membuat peredaran darahnya menjadi baik dan cepat memerah.
Dari segala manfaat dan resiko Water Brith dapat di garis bawahi metode melahirkan ini aman-aman saja jika anda sudah mengkonsultasikan kepada dokter kandungan anda dan pastikan saat mengandung, bayi tidak ada masalah apapun.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS