Tips Cerdas Memilih Film Anak

SHARE
Tips Cerdas Memilih Film Anak

Liburan akan sangat menyenangkan bila bersama seluruh keluarga terutama bersama anak-anak. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur, salah satunya dengan menonton film kesukaan.

Menonton film bisa menjadi alternatif untuk melepaskan penat. Anda bisa menonton film dirumah atau di bioskop bersama anak-anak. Sebelumnya anda harus memperhatikan jenis film yang akan di saksikan bersama anak.

Walaupun film hanya sebagai sarana hiburan tetapi film juga bisa sebagai sarana edukasi atau justru berdampak buruk untuk anak-anak.
Jika anda tepat memilih film anak maka manfaat edukasinya akan sangat berguna untuk masa depannya.

Sebagai orang tua, sudah menjadi tugas anda untuk memilih film yang sesuai dengan usia anak. Yuk simak tips cerdas memilih film anak dibawah ini.

Tips Memilih Film Anak

Tips Cerdas Memilih Film Anak

  • Perhatikan Tanda Atau Simbol Rating

Saat ingin menonton film bersama anak dirumah, anda harus mencari tahu tanda atau simbol rating yang terdapat pada poster film. Tetapi jika anda menonon film di bioskop, anda bisa melihat tanda ratingnya yang tertera pada layar depan pembelian tiket masuk. Untuk itu anda harus tahu arti tanda atau simbol rating yang terdapat pada film.

R: Simbol R menandakan film yang diputar atau film tersebut ditunjukan untuk anak-anak yang sudah memasuki usia remaja. Kemungkinan besar, film bersimbol R ada adegan seorang pria atau wanita yang melepas pakaiannya. Selain itu, film berating R juga bisa terdapat adegan kekerasan fisik dan menggunakan kata-kata kotor pada percakapannya. Untuk itu hindari film bersimbol ini untuk ditonton anak-anak

SU: SU berarti semua umur. Film berating SU berarti baik ditonton anak-anak. Biasanya film ini tidak akan memperlihatkan adegan kasar atau adegan seksual.

D: Film yang bersimbol D berarti film tersebut hanya dikhususkan untuk orang dewasa. Film ini akan memperlihatkan adegan yang lebih banyak memperlihatkan bentuk tubuh seseorang, atau melakukan hubungan intim.

Baca Juga: Tips Ini Bisa Mempercepat Perkembangan Bayi Melalui Berat Badan

  • Baca Sinopsisnya

Meskipun sudah memperhatikan simbol ratingnya, anda juga harus membaca sinopsisnya. Karena tidak semua tanda atau simbol sudah berarti aman untuk di tonton anak-anak.  Untuk itu baca terlebih dahulu sinopsisnya melalui majalah film atau website. Dengan membaca sinopsis anda akan tahu film tersebut beredukasi atau tidak.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS