Tips Ini Bisa Mempercepat Perkembangan Bayi Melalui Berat Badan

SHARE
Tips Ini Bisa Mempercepat Perkembangan Bayi Melalui Berat Badan

Biasanya, bayi yang baru dilahirkan akan memiliki berat badan dengan rata rata 2.5 kg hingga mencapai 4 kg. Berat badan bayi itu bisa dikatakan normal. Apabila ada bayi yang memiliki kurang dari minimal berat bayi normal, bisa diakibatkan dari faktor genetik. Faktor ini muncul akibat selama kehamilan, janin didalam rahim kekurangan asupan nutrisi sehingga bayi memiliki berat badan yang tidak normal.

Bagi anda yang memiliki bayi dengan berat badan yang kurang, anda tak usah panik dan khawatir, karena saat bayi anda sudah mencapai umur 4 bulan, perkembangan bayi baru bisa terlihat melalui berat badannya. Namun jika sudah mencapai umur tersebut, berat badan bayi belum pula pulih anda harus tahu penyebabnya.

Asupan nutrisi bayi tidak seimbang. Oleh karena itu, anda harus bisa menyesuaikan asupan nutrisi beserta gizinya melalui Makanan Pendamping Asia atau MPASI. Sehingga perkembangan bayi bisa dengan cepat jika berat badannya normal.

Masa pertumbungan tinggi badan. Saat bayi sudah mencapai masa pertumbuhan tinggi badan, gerak bayi dan aktivitasnya menjadi meningkat yang bisa menyebabkan berat badannya mengalami penurunan yang signifikan.

Sang bayi sedang sakit. Ya, faktor ini juga bisa mengalami perkembangan bayi karena ia mengalami gangguan kesehatan yang pada umumnya gangguan pencernaan. Gangguan kesehatan itu bisa menyebabkan nafsu makan bayi berkurang dan berat badannya menjadi turun sehingga perkembangan bayi bisa terhambat.

Ketiga faktor itu adalah penyebab bayi mengalami penurunan berat badan. Jika bayi anda mengalami ketiga hal tersebut cepatlah melakukan tindakan dengan cara seperti ini agar perkembangan bayi anda cepat.

Mempercepat Perkembangan Bayi Melalui Berat Badan

Tips Ini Bisa Mempercepat Perkembangan Bayi Melalui Berat Badan

1. Berikan Asi Eksklusif

Asi merupakan sumber nutrisi yang tepat. Pemberian asi akan membuat kebutuhan nutrisinya terpenuhi karena asupan makanan sehat yang dikonsumsi seorang ibu, akan terserap hingga air susunya.

2. Berikan Makanan pendamping Asi

Baca Juga: Cara Mengenali Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Pertama

MPASI atau makanan pendamping asi bisa diberikan saat bayi sudah mencapai umur 6 bulan keatas. Berikan MPASI 2 hingga 3 kali dalam sehari. Tetapi MPASI harus dalam porsi yang tepat. Porsi yang berlebihan justru akan membuat bayi mengalami gangguan kesehatan. Selain itu, pilihlah makanan pendamping yang sehat seperti sayuran atau buah-buahan yang dihaluskan.

Dengan dua cara tersebut, perkembangan bayi akan cepat karena berat badannya normal dan sehat.

NO COMMENTS