Makanan Pendamping Asi Untuk Nutrisi Bayi

SHARE
Makanan Pendamping Asi Untuk Nutrisi Bayi

Air Susu Ibu atau ASI adalah makanan bayi yang bergizi. ASI  memiliki banyak nutrisi dan kandungan gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh Bayi. Kandungan dalam ASI tersebut tidak bisa digantikan oleh susu hewan lainnya atau susu formula yang beredar di pasaran meskipun susu formula tersebut sudah menjamin kandungan dalam ASI sudah ada di susu formula tersebut.

Bayi yang baru lahir memang harus diberikan ASI hingga umurnya sudah mencapai 6 bulan. Bayi yang berusia tersebut tidak perlu diberikan makanan apapun selain ASI. Namun setelah 6 bulan, bayi harus diberikan makanan pendamping agar bayi anda mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Makanan pendamping ini juga harus diperhatikan. Mengingat tidak semua bayi dapat menerima mencerna makanan pendamping jika usianya berada di bawah 6 bulan.

Bagi anda yang sibuk sehingga tidak bisa memberikan ASI secara terus menerus, anda dapat mencoba makanan pendamping yang sangat dianjurkan ini agar kebutuhan nutrisi Bayi anda terpenuhi.

Makanan pendamping asi untuk bayi yang usianya sudah menginjak 6 bulan

Makanan Pendamping Asi Untuk Nutrisi Bayi

1. Sayuran

Sayuran seperti kacang merah, kacang polong, kacang hijau,  wortel,  dan labu kuning dihaluskan dengan menambahkan air matang dan kaldu. Tetapi kacang tanah jangan pernah dijadikan pilihan untuk bahan makanan pendamping. Kacang tanah dapat menyebabkan pembengkakan pada tenggorokan bayi. Bisa-bisa bayi anda akan sulit bernafas.

2. Buah-buahan

Pepaya, pisang, apel, melon, dan alpukat juga bisa diberikan kepada bayi sebagai makanan pendamping ASI. Anda bisa memilih salah satu buah tersebut untuk dihaluskan dengan menggunakan blender.

Namun anda juga harus memperhatikan buah-buahan yang masam seperti jeruk dan lainnya tidak diperbolehkan untuk bayi. Buah-buahan masam itu justru akan sangat mengganggu pencernaannya.

3. Bubur

Baca Juga: Pertolongan Pertama Pada Wanita Yang Ingin Melahirkan

Bubur nasi dan bubur tepung beras meras dicampur ASI dan diberi kaldu juga bisa menjadi pilihan makanan pendamping ASI yang baik untuk kesehatan buah hati anda.

Dengan makanan pendamping Asi, anda bisa pergi tanpa perlu mengkhawatirkan nutrisi buah hati anda berkurang.  Kombinasikan ASI dengan makanan pendamping tersebut. Anda juga perlu mengingat, makanan tersebut jangan diberikan terlalu banyak.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS