Kiat Ini Bikin Anak Anda Cerdas Dan Pintar

SHARE
Kiat Ini Bikin Anak Anda Cerdas Dan Pintar

Siapa sih yang tidak ingin buah hati kesayangannya memiliki otak yang cerdas dan pintar. Semuanya tentu ingin anaknya berprestasi dan bisa meraih cita-citanya. Anak harus diajarkan dengan baik dari ia lahir. Karena bayi yang baru lahir itu ibarat kertas putih yang suci yang belum terkena tinta dan noda.

Jika Anda mengajarkan dengan sepenuh hati, kertas suci itu akan bertuliskan nilai-nilai atau norma-norma yang baik untuk masa depannya.

Selain itu, jika selalu memberikan perhatian dan kasih sayang untuk selalu mengajarkan anak dengan memberikan asupan pelajaran-pelajaran akan membuat kertas putih ini berisi pelajaran-pelajaran guna bekal dimasa depan.

Anda tidak perlu repot-repot menyekolahkannya di tempat yang bergengsi ataupun mahal agar si kecil bisa cerdas dan pintar. Anda cukup melakukan kiat-kiat ini.

Kiat Mendidik Anak Agar Cerdas Dan Pintar

Kiat Ini Bikin Anak Anda Cerdas Dan Pintar

1. Pahami Sifat Dan Karakter Anak

Jika Anda ingin memiliki buah hati yang cerdas dan pintar, pertama-tama anda harus bisa memahami dan mengerti sifat dan karakter anak yang berbeda-beda. Karakter anak ada yang pendiam, periang, introvert, dan extrovert. Jika sudah memahami sifat dan karakter anak Anda, perlakukan mereka sesuai dengan karakternya. Seperti pemalu, Anda harus secara halus atau pelan-pelan untuk mengajarkannya.

Sementara itu jika anak Anda aktif dan susah diatur, perlakukan mereka dengan tegas, perilaku itu akan membuat sang anak tidak semena-mena nantinya. Meskipun banyak yang beranggapan kalau mendidik anak dengan cara yang lembut biarpun anak itu susah diatur.

2. Jangan Mengubah Perilaku anak

Saat mendidik anak, jangan pernah mengubah perilaku anak. Jika anak anda memiliki perilaku yang tidak pantas ‘nakal’, jangan sekali-kali anda memarahinya. Berikan penjelasan bahwa itu baik atau tidaknya. Dengan begitu anak akan selalu mengingat pesan yang anda berikan.
Biarkan anak bereksplorasi dengan dunianya. Perilaku mereka akan berubah dengan sendirinya sampai batas usia 2 tahun. Dengan bekal nasihat yang lembut, dijamin anak akan selalu mengingat perkataan Anda.

3. Selalu Ajak Berkomunikasi

Baca Juga: Cemilan Bergizi Untuk Balita Sehat

Mungkin bagi para orang tua akan sama-sama bekerja, hal ini akan sulit dilakukan. Tenang, berkomunikasi itu tidak harus dilakukan dengan waktu lama. Jika anda sibuk bekerja, ajaklah berkomunikasi sore atau malam harinya tanyakan kegiatan yang dilakukan anak hari ini. Dengan bgtu anak akan merasa nyaman dengan perhatian yang Anda berikan.

Ketiga cara ini akan membuat anak Anda pintar dan cerdas karena memiliki orang tua yang selalu memperhatikan dan mendidiknya dengan baik. Anak adalah karunia yang diberikan tuhan sudah sepatutnya orang tua mendidiknya dengan cara yang benar.

NO COMMENTS