Ternyata Bubur Ubi Jalar Cocok Untuk Balita. Ini Tipsnya!

SHARE
Ternyata Bubur Ubi Jalar Cocok Untuk Balita. Ini Tipsnya!

Siapa yang menyangka ternyata ubi jalar baik untuk balita. Mungkin bagi sebagian Ibu masih meragukan khasiat ubi yang kaya kandungan beta karoten yang baik untuk tubuh balita Ibu.

Beta karoten adalah senyawa yang dapat memberikan warna pada jenis sayuran atau tumbuhannya. Warna kuning, hijau, orange, dan warna lainnya.

Beta karoten inilah yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Sehingga balita bebas dari serangan berbagai penyakit. Ubi jalar atau ketela rambat ini adalah tanaman budaya yang mengandung kadar gizi yang tinggi.Di Negara Afrika saja, ubi jalar ini menjadi makanan pokok penting bagi masyarakatnya.

Ubi jalar ini selain cocok dikonsumsi orang dewasa dengan cara direbus, ubi jalar ini juga cocok dikonsumsi balita dengan cara diolah menjadi bubur ubi jalar.

Resep bubur ubi jalar yang lezat untuk balita

Ternyata Bubur Ubi Jalar Cocok Untuk Balita. Ini Tipsnya!

Siapkan Ubi Jalar 3 ons

Karena judulnya tips membuat ubi jalar, hal pertama yang harus disiapkan adalah ubi jalar. Namun Anda harus memilih ubi jalar yang padat dan mulus. Jangan membeli ubi jalar yang kulitnya sudah retak dan terdapat bintik-bintik.

Potong Dan Cuci Ubi Jalar

Pastikan ubi jalar higenis bebas dari kotoran ataupun bekas tanah. Disarankan Anda harus mencuci ubi jalar dengan air dingin dan sikat kulitnya agar bebas dari tanah atau kotoran lainnya yang menempel. Setelah dicuci bersih, kupas kulit ubi jalar dan potong menjadi potongan berbentuk kotak kecil-kecil.

Rebus Ubi Jalar

Setelah di potong-potong, rebus ubi jalar didalam panci. Anda juga harus memperhatikan besarnya api kompor. Rebusan ubi jalar juga jangan sampai mengeluarkan gelembung-gelembung untuk itu rebus ubi jalar sekitar 15 menit sampai ubi jalar empuk. Setelah direbus, tiriskan ubi jalar dan bilas dengan air dingin dan rendam selama 2 menit.

Haluskan Ubi Jalar

Setelah dibilas dan direndam dengan air dingin, haluskan ubi jalar yang sudah di rebus bisa ditumbuk atau menggunakan blender.
Tambahkan Air

Baca Juga: Kentang Rebus Pilihan Tepat Untuk Gizi Balita

Setelah dihaluskan, tambahkan air secukupnya hingga kental. Bubur ubi jalar siap disajikan untuk balita kesayangan Anda. Dengan membuatkannya bubur ubi jalar ini Anda telah memperhatikan gizi balita Anda. Selamat mencoba

NO COMMENTS