Pertolongan Pertama Demam Pada Anak

SHARE
Pertolongan Pertama Demam Pada Anak

Semua Ibu pasti tidak menginginkan anaknya sakit? Semua Ibu juga pasti pernah merasa panik jika tiba-tiba sang anak mengalami demam. Tenang, Ibu tidak perlu panik dan tidak perlu langsung membawa sang anak ke dokter.

Umunya anak yang demam pasti menangis, matanya merah, dan nafsu makannya berkurang. Demam pasti akan terjadi karena tubuh anak sedang melawan virus yang ada didalam tubuhnya.

Jika tubuhnya sudah menang melawan virus yang menyerang tubunya, demam akan kembali pulih. Namun ibu harus membantunya agar demam menghilang.

Ibu hanya perlu melakukan hal berikut agar demamnya hilang dan dijamin anak ibu akan kembali cerai dan bisa beraktivitas lagi.

Hal yang harus dilakukan ketika anak demam

Pertolongan Pertama Demam Pada Anak

1. Berikan Air

Jika anak Ibu tiba-tiba mengalami demam, cepat berikan anak Ibu air putih. Dengan banyak meminum air putih, anak ibu akan mengalami buang air kecil yang bagus untuk meredakan demamnya. Selain itu air putih juga dapat menghilangkan dehidrasi sehingga dikhawatirnya penyebab anak Ibu demam akibat ia dehidrasi.

2. Minum Obat Penurun Panas

Apabila cara pertama tidak meredakan demam anak Ibu, berikan obat penurun panas agar demamnya mereda. Obat penurun panas bisa paracetamol, aspirin, dan ibuprofen. Jika anda alergi obat segera konsultasikan ke dokter.

3. Konsumsi Vitamin C

Jika demam belum kembali turun, berikan anak makanan yang mengandung vitamin C seperti buah – buahan yang mengandung vitamin C, Jeruk, Jambu, dan Pepaya.

4. Kompres

Selain ketiga hal itu, Ibu juga harus mengkompres sang buah hati agar demam cepat reda. Kompreslah dengan iar hangat untuk membantu mempercepat porses suhu badan berubah.

Baca Juga: Ternyata Buah Naga Baik Untuk Kesehatan Bayi

5. Ukur Suhu Badan

Ibu juga harus melakukan hal ini. Mengukur suhu badan. Ukur suhu badan dibagian ketiak dan paha. Kalau suhu badan melebihi batas kewajaran yang menunjukan angka dibawah 36 derajat celcius Ibu harus cepat-cepat membawanya kerumah sakit untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah 5 hal wajib itu lakukan ketika sang anak demam. Ibu tidak perlu panik. Berikanlah kasih sayang dan motivasi untuk anak agar sang anak merasa nyaman dengan kehadiran Ibu disampingnya.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

NO COMMENTS